///
you're reading...
music, Uncategorized

Pink Floyd

ff

Pink Floyd adalah band progressive rock asal Inggris yang terkenal karena komposisi lagu-lagunya yang bergaya bombastis, sampul-sampul albumnya yang indah dan konser-konsernya yang megah. Pink Floyd adalah salah satu kelompok musik rock yang paling sukses secara komersil, pada saat ini berada di peringkat ketujuh dalam jumlah album terjual di seluruh dunia. Mereka dibentuk di tahun 1966 dan terakhir merekam album studio di tahun 1994.

Sejarah
Masa Syd Barrett

Pink Floyd berasal dari band-band sebelumnya yang bernama antara lain Sigma 6, T-Set, Meggadeaths, The Screaming Abdabs, The Architectural Abdabs dan The Abdabs. Kemudian band ini diberi nama baru The Pink Floyd Sound dan kemudian The Pink Floyd. Sebelum merilis album pertama nama ini sudah dipersingkat kembali menjadi Pink Floyd. Asal nama ini adalah dua musisi blues Pink Anderson dan Floyd Council.

Mereka awalnya terdiri dari Bob Klose (gitar), Syd Barrett (vokal, gitar), Richard Wright (keyboards), Roger Waters (bass) dan Nick Mason (drums). Mereka menyanyikan lagu-lagu cover rhythm and blues seperti “Louie, Louie”. Barrett kemudian menulis lagu-lagu yang dipengaruhi budaya surfing dari Amerika, rock psychedelic dan humor dan literatur Inggris. Bob Klose merasa kurang cocok dengan arah ini dan meninggalkan band. Dalam bentuk kuartet mereka cukup stabil dan kemudian mereka membentuk Blackhill Enterprises.

Diluncurkan pada bulan Agustus 1967, album pertama The Piper at the Gates of Dawn dianggap sebagai salah satu contoh terbaik musik psychedelic dari Inggris. Lagu-lagu album ini adalah campuran berbagai music, dari lagu berbentuk bebas avant garde “Interstellar Overdrive” sampai lagu yang bernuansa melankolis seperti “Scarecrow” (terilhami oleh daerah pedesaan Fenlands di dekat kota kelahiran Barrett, Cambridge). Album ini terjual laris dan mencapai peringkat keenam di Inggris.

David Gilmour bergabung

Pada bulan Januari 1968, gitaris David Gilmour bergabung untuk menggantikan Barrett yang kondisi kejiwaannya sangat tidak stabil dan telah memburuk selama beberapa bulan. Pada awalnya mereka berharap Barrett akan sembuh dan kembali memimpin band, tapi ditambah dengan penggunaan LSD ia semakin tidak terkendali, sering menatap ke awang-awang selama konser. Ini merusak penampilan konser mereka sampai pada akhirnya Barrett tidak diajak lagi ke panggung.

Setelah Barrett resmi keluar pada bulan April 1968, Jenner dan King memutuskan untuk bertahan dengannya dan Blackhill Enterprises pun dibubarkan.

Walaupun Barrett telah menulis sebagian besar lagu-lagu di album pertama, untuk album kedua A Saucerful of Secrets (Juni 1968) ia hanya menulis satu lagu “Jugband Blues”. Album ini meraih tangga ke-9 di Inggris.

Setelah soundtrack film More, album selanjutnya adalah album ganda Ummagumma yang sebagian direkam di club rock Mothers di Birmingham dan sebagian lagi di Manchester. Untuk album ini masing-masing anggota merekam proyek solo untuk satu sisi piringan hitam (istri Mason tampil secara anonom sebagai pemain suling), kemudian ditambah beberapa track rekaman konser. Album yang dirilis di tahun 1969 ini menjadi album mereka yang paling berhasil sampai saat itu, mencapai nomor 5 di Inggris dan 70 di Amerika.

Atom Heart Mother (1970) akhirnya menjadi album pertama mereka yang mencapai puncak tangga di Inggris, walaupun Gilmour sendiri menyebut album ini sebagai sebuah band yang “menabrak-nabrak di kegelapan”. Meskipun demikian, di album inilah untuk pertama kalinya arah band ini mulai terdengar, seperti misalnya lagu “Atom Heart Mother Suite” yang panjangnya 23 menit dengan pengaruh musik simfoni, dibantu oleh orkestrasi Ron Geesin.

Gaya ini menjadi semakin terfokus di album Meddle (1971), dengan epik “Echoes” yang berdurasi 23 menit. Dalam lagu ini mereka menggunakan synthisizer VCS3 dari Zinovieff untuk pertama kali, selain juga theremin untuk bagian tengahnya yang bernuansa luar angkasa). Album ini juga mengandung lagu “One of These Days” yang populer untuk konser-konser (lagu ini hanya memiliki satu baris lirik yang dinyanyikan berulang-ulang dengan suara terdistorsi “One of these days, I’m going to cut you into little pieces” yang ditulis oleh Nick Mason dan kemudian beralih ke lagu tema seri televisi Doctor Who) dan lagu pop-jazz “San Tropez”. Semangat eksperimentasi mereka juga terdengar di “Seamus” (judul awal “Mademoiselle Nobs”), lagu blues yang diisi dengan suara lolongan anjing Russian wolfhound). Pada saat ini mulai terlihat bahwa pemain bass Roger Waters mulai mengambil alih kepemimpinan band dalam bidang musik dan lirik. Misalnya ia menulis lagu “San Tropez” dalam bentuk sudah hampir jadi dan kontribusi anggota lainnya menjadi sedikit. Pink Floyd mencapai peringkat ketiga di Inggris untuk Meddle.

Di tahun 1972 mereka merilis Obscured by Clouds sebagai soundtrack film La Vallee dan masuk ke tangga US Top 50 dan tangga keenam di negara mereka sendiri.
Meledak dengan Dark Side of the Moon

Walaupun mereka bukan band yang penjualan albumnya biasa didongkrak dengan penjualan single, album selanjutnya Dark Side of the Moon (1973) mengandung hit Top 20 di Amerika Money dan album itu sendiri akhirnya mencapai puncak charts dan bertahan di US Top 200 selama 741 minggu (termasuk 591 minggu berturut-turut dari 1973 sampai 1988), memecahkan banyak rekor dan membuatnya menjadi salah satu album paling laris di dunia. Dark Side of the Moon adalah album konsep dengan tema mengenai tekanan-tekanan kehidupan modern. Hal inilah yang mendorong mereka untuk menulis lagu-lagu: “On The Run” adalah tentang bepergian ke seluruh dunia, “Time” mengenai masa dulu, “The Great Gig in the Sky” (judul-judul awal “Mortality Sequence” dan “Religious Theme”) mengenai kematian dan agama, “Money” mengenai uang yang datang dengan ketenaran, “Us and Them” mengenai konflik kekerasan di masyarakat, dan “Brain Damage” mengenai penyakit jiwa dan neurosis. Peralatan rekaman 16 track yang modern di Studio Abbey Road dan kerja keras sound engineer Alan Parsons membuat album ini terdengar sangat jernih.

Dark Side of the Moon dan ketiga album selanjutnya (Wish You Were Here, Animals dan The Wall) dianggap oleh banyak pihak sebagai puncak karier Pink Floyd. Wish You Were Here diluncurkan pada tahun 1975 dan bertemakan “ketidakhadiran”. Misalnya lagu “Shine on You Crazy Diamond” adalah mengenai anggota mereka yang sudah hengkang Syd Barrett dan kondisi kesehatan jiwanya. Album ini juga mengandung lagu-lagu epik “Welcome to the Machine” dan “Have a Cigar”. Pink Floyd mencapai puncak tangga baik di Inggris dan Amerika untuk album ini.

Ketika mereka mengeluarkan Animals di bulan Januari 1977, Amerika #2 dan Inggris #3, mereka mulai dikecam oleh kalangan punk rock yang mulai bangkit saat itu sebagai musisi yang arogan dan telah melenceng dari semangat rock and roll pertama. Animals mengandung lagu-lagu yang diilhami oleh buku Animal Farm karya George Orwell, misalnya “Pigs on the Wing”, “Dogs” dan “Sheep”. Animals memiliki lebih banyak suara gitar dibandingkan album-album sebelumnya (mungkin sebagai jawaban untuk komunitas punk) dan di sini pula mulai terjadi perpecahan antara Roger Waters dan pemain keyboards Rick Wright yang tidak menyumbangkan satu lagupun untuk album ini.

Opera rock The Wall dari tahun 1979, ditulis terutama oleh Waters, melambungkan kembali nama Pink Floyd dan memberi mereka satu lagi lagu hit “Another Brick in the Wall, Part II” yang liriknya mengritik sistem pendidikan. Selain itu album ini mencapai nomor 3 di negara asal mereka dan bercokol di puncak tangga Amerika selama 15 minggu. Lagu “Comfortably Numb”, walaupun tidak pernah dirilis sebagai single, masih sering diputar di radio-radio saat ini dan merupakan salah satu lagu Pink Floyd yang paling terkenal.

The Wall bertahan di daftar album terlaris selama 14 tahun. Sebuah film berjudul Pink Floyd The Wall dibuat pada tahun 1982. Dibintangi Bob Geldof, penyanyi Boomtown Rats, ditulis oleh Waters dan disutradarai Alan Parker, film ini juga diisi animasi oleh kartunis Inggris Gerald Scarfe. Film ini semakin memperburuk hubungan Waters dengan Gilmour karena Waters semakin merajai band.

Album Pink Floyd
The Piper at the Gates of Dawn (1967)
A Saucerful of Secrets (1968)
Ummagumma (1969)
Atom Heart Mother (1970)
Meddle (1971)
The Dark Side of the Moon (1973)
Wish You Were Here (1975)
Animals (1977)
The Wall (1979)
The Final Cut (1983)
A Momentary Lapse of Reason (1987)
The Division Bell (1994)

Album Dark side of the moon menurut saya adalah album progresif rock terbaik sepanjang masa. bukan karena rumit atau tingginya skill yang di umbar seperti musisi prog lain dan di anggap maestro, tapi karena lagu lagu nya yang sangat lebar dan menembus daya jangkau kreatifitas , dan selalu mengajak kita semua untuk bercinta dengan alcohol and drugs, you make me fucking high, dark side of the moon. They are known for philosophical lyrics, sonic experimentation, innovative cover art, and elaborate live shows.

The Wall mengikuti DSOTM tetapi dengan perluasan ruang berkarya yang lebih lebar. Track yang banyak, tema yang unik, lirik yang tajam, dan musik yang menderu-deru, menangis, berteriak, sekaligus kolosal dalam satu album, track-track pendek dan panjang berdampingan, seolah mengajak kita menonton sebuah film tentang perjuangan seorang introvert menghancurkan tembok yang menguburnya dalam dalam. solo gilmour di album ini sangat tajam dan menghipnotis. … fuck yeah

Kemudian ada Animal, album Pink Floyd paling ngerock dan paling keras yang bikin gw takjub dan berjingkrak-jingkrak dengerin lagunya. Progresi nadanya bagus, keras dan tajam, dan pemanfaatan alat-alat seperti vocoder, synth-vocal sound terasa menakjubkan di album ini.

Wish you were here. Album mellow yang paling dahsyat. menurut saya album ini didedikasikan untuk mengenang mantan gitaris mereks Syd Barrett. Karena itu, album ini lebih personal dan menyedihkan. Solo gitar Gilmour sangat mengiris-ngiris. Balada Wish You Were Here-nya simpel tapi dalam. Cocok buat menemani saya di kosan menghisap ganja sendirian. please try this at home.

tapi sayang band sebagus ini hubungan antar personilnya kurang harmonis…Malah sang frontmant awal Syd Barrett berakhir dengan tragis…Kecanduan drugs dan mengalami gangguan mental, bahkan setelah dia di pecat oleh gillmour karena kegilaannya, syd barett sering mendatangi studio tempat temannya berlatih, duduk dalam diam bersama gitarnya…even gilmour and waters juga sulit akur sampai sekarang. yeah, orang jenius jarang sejalan… ni yg jenius ada 3… si barrett, waters n gilmour… 2 kepala aja susah… apalagi 3…

Waters performed with the band for the first time in 24 years on July 2, 2005 at the London Live 8 concert.

Richard Wright passed away on September 15, 2008 at the age of 65 from an undisclosed form of cancer.

I don’t need no arms around me
I don’t need no drugs to calm me
I have seen the writing on the wall
Don’t think I need anything at al

Advertisements

About Reksa Lumina

sceptical and calm. enjoy nature just as much as the animals and people who arte with it. i am intact with myself and have much pride.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

contributors

find me

Follow isGreenDiamond on Twitter

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: