///
you're reading...
Uncategorized

Radiohead [King of limbs]


.dalam kuping manusia normal- lagu lagu di album ini sangat “tak tembus pandang”, terlampau jauh dari batas kewajaran. ironis memang band besar yang kita puja puja ini tak memberikan ruang baru untuk orang luar. lihat saja- lagu lagunya tak berarturan, progresi antar nada nyaris tak terbaca, vocal thom yorke menggema tapi sepintas tak menjelaskan apa apa. dan bisa di pahami bahwa semua orang telah sepakat betapa miskinnya melodi di album ini. instrumen yang di pakai jauh dari manusiawi. tekstur drum techno n bass kental sekali. tekstur dan pola antar track lagi lagi tak easy lesteniing..

sangat gegabah sekali bila kita atau saya pribadi sekarang mencoba me-review album studio ke delapan radiohead – kings of limbs, karena pastilah akan sangat dangkal sekali karena saya sendiri belum sepenuhnya mengerti trek demi trek, di tambah artwork nya, yang mereka sebut “news paper” belum mereka rilis. tapi melihat bagitu banyaknya review album mereka ini- bahkan dalam beberapa jam setelah album ini dinyatakan siap download- ratusan artikel hadir membahas album ini, contohnya seperti NME atau Rolling Stones. tak ketinggalan -Kaskus ramai juga memperbincangkan album ini. rata rata suara yang bergaung adalah mengenai kekagetan dan kekaguman- yang saya analogikan seperti melihat kelinci putih keluar dari topi pesulap- menakjubkan, dan mencengangkan. padahal kelinci tetaplah kelinci, yang spesial adalah cara dia muncul di hadapan kita. kelincinya biasa saja. dengan kata lain, secara keseluruhan album ini biasa saja. tapi manusia yang membidani nya yang luar biasa. atau dengan kata lain – dan memang tak bisa di pungkiri, kekaguman kita bukan pada albumnya- tapi band nya.paling tidak itu yang saya rasakan. tapi pemikiran seperti ini harus segera di simpan dahulu, tidak lain agar -alih alih kita bisa memaknai album ini secara objektiv.

kenapa saya berpikir seperti itu. karena saya merasa pikiran saya di permainkan.lihat, kalau kita cermati, kira kira seminggu sebelum tanggal 14 february, johny greenwood menulis di situsnya bahwa album baru mereka masih akan lama untuk selesai, karena band nya saat ini sedang mebicarakan untuk mengaransemen ulang seluruh lagu baru nya. tapi di hari kasih sayang- tanggal 14 february di situs radiohead.com. tertulis bahwa merekas sudah menyelesaikan album kedelapan nya -kings of limbs, dan akan rilis di tanggal 19. tentu saja berita ini langsung menjadi trend topik di dunia maya. dan bisa di tebak bahwa media pasti mempersiapkan para penulis mereka menyambut album radiohead di tanggal 19. tapi di tanggal 18 dunia di kejutkan sekali lagi- video baru mereka telah tayang di youtube dan album mereka sudah bisa di dapatkan hari itu juga. wow.

jelas sekali kalau ini adalah skenario, yaaa suatu hiburan tersendiri bagi fans yang sudah tak sabar menunggu. haha. trik permainan pikiran paling dasar. membuat audiens fokus pada tangan kanan sehingga mengabaikan apa yang akan di keluarkan pesulap dari tangan kirinya. trik klise- tapi selalu berhasil dalam hal mengejutkan audiens. sayang yang keluar masih terlihat seperti kelinci. bukan naga.

di titik ini, dimana para penggemar radiohead masih belum percaya dengan apa yang sudah mereka dengar. di titik itu juga penilaian atau pemaknaan harus di lakukan. apalagi untuk orang orang yang bekerja di media. padahal, bagaimanapun juga, mustahil kita memaknai album radiohead dalam waktu singkat, bahkan oleh penggemar senegaranya sekalipun. bisa terlihat di situs situs yang mengulas album baru radiohead, kebanyakan hanya menulis kan hal hal figuratif yang di dukung secara tak sadar oleh kesan singkat yang mereka terima. dalam keterbatasan waktu maka mereka menulis apa yang bisa mereka tangkap dalam setengah jam album ini . yap, hanya 37 menit saja. semuanya terlihat sangat terburu buru bukan?? dalam setengah jam lebih rasa penasaran akan album sbaru ini yang dalam beberapa tahun di nanti -hanya 37 menit dan berakhir begitu saja. tanpa kita sadari setiap trek berlalu begitu saja,dengan kesan? tentu saja “membingungkan”. mencoba mencari petunjuk dalam cover nya bukan ide yang baik. malah menambah absurditas album ini. dalam keputusasaan kita pun mulai memaknai album ini secara figuratif, mengisi link link dengan imajinasi kita. bukan dengan apa yang ada, bukan hal yang salah karena yang ada belum terbaca, ini normal. karena otak manusia dengan alami pasti berusaha mencari makna dari sesuatu sesuai dengan apa yang selalu kita percaya. dan kita percaya:

kreativitas thom yorke dan kawan kawan selalu di atas rata2, dengan hanya menampilkan 8 lagu saja, album ke-8 ini pasti telah menjalani proses yang sangat ketat. apa yang mereka sajikan pasti lah sesuatu yang konseptual, meskipun kita jauh dari mengerti konsep apa yang akan mereka sampaikan, kita hanya yakin- konsep itu “ada”. bukan salah kita juga, memang mereka [radiohead] membuat karya mereka agak jauh dari nalar. hal yang biasa di lakukan para seniman surealis, tapi di album ini lebih cocok dengan kata “abstrak”.

bagaimana tidak, dalam kuping manusia normal- lagu lagu di album ini sangat “tak tertembus”. ironis memang band besar yang kita puja puja ini tak memberikan ruang baru untuk orang luar. hmmm harap di maklum kalau lagu lagunya memang tak berarturan, progresi antar nada nyaris tak terbaca, vocal thom yorke menggema tapi tak menjelaskan apa apa. semua orang juga akan sepakat betapa miskinnya melodi di album ini. instrumen yang di pakai jauh dari manusiawi. tekstur drum n bass kental sekali. cukup bertolak belakang dengan album in rainbows yang banjir dengan warna dan melodi.

album ini juga bisa di baca sebagai “radiohead”. bukan thom yorke- the eraser. kita bisa dengan mudah memisahkannya bukan. apa maksudnya. tentu saja ini sangat penting. eksistensi semua anggota radiohead – bukan hanya thom yorke. permainan bass, drum dan pola pola looping yang dominan, mengukuhkan- radiohead dalam format apapun tetaplah ber -lima. bukan thom yorke atau pun johnny. saya bisa merasakan nya.

sekali lagi, ini hanya review tolol. seperti review review mentah lainnya. yang hanya menyentuh apa yang tampak.

dan buruknya, bisa membunuh interpretasi personal kita. dan ulasan mengenai the kings of limbs akan berlanjut di tulisan berikutmya, semoga saya bisa kupas lagi lebih dalam dan melihat isi kepala mereka.

singkat saja. mari kita masuk sekilas ke track pertama- “bloom” dengan tekstur dubstep yang sangat ketat. mengingatkan saya pada “pulk/pull revolving door”. mungkinkah ada korelasi dan inter koneksi? pertanyaan itu kita tangguhkan dulu. nomor pembuka ini adalah nomer yang megah dengan sounds drum yang kolosal. sebuah hymne kemerdekaan bagi deklarasi radiohead yang telah berhasil keluar dari orbit.

Open your mouth wide A universal sigh
I’m moving out of orbit

yup, dan untuk memahaminya kita juga mesti mengikuti mereka keluar dari orbit. out of the BOX. against the wall. proses melintasi orbit ini bisa di gambarkan dengan sangat komunikatif dengan bentuk – 8. dua buah lingkaran, dengan dua buah orbit. angka 8 begitu di tekankan di sini. bagaimanapun bukan tanpa alsan album ke 8 radiohead berisi hanya 8 track?

sekilas, angka 8 adalah sebuah simetri, simbol dari karma pala- bukan cerita baru kalau thom yorke sangat menyukai ajaran dalai lama. makna nya sama dengan simbol simetri swastika dan yin dan yang. sebuah kebalikan. bawah dan atas, hitam dan putih:

And while the ocean blooms, It’s what keeps me alive

single “lotus flower”, track ke 5, mengingatkan saya pada “ideotique”. lotus flower dalam budha identik dengan lambang pencerahan kebajikan atau kebebasan spiritual. dan lagu ini memang mengenai itu. Slowly we unfurl, As lotus flowers,And all I want is the moon upon a stick. detail lagu ini sangat menarik. dan videonya juga penuh dengan simbolisasi yang di gambarkan dalam gerakan gerakan tarian thom yorke. di awali dengan ke gelapan, gerakan pertama seperti seorang penyihir sedang membuka sebuah pertunjukan. alakazam. show pun di mulai. dengan beberapa grakan yang umum atau bisa di mengerti maknanya, dan banyak gerakan yang tak lazim.

saya mendengar suara2 yang mengatakan kalau album ini berisi delapan track karena akan ada bagian selanjutnya? atau bisa di bilang akan ada dua bagian. yang mencuatkan hal ini adalah sepenggal lyrics di track terakhir yang berbunyi:

If you think this is over
Then you’re wrong

tapi menurut saya tidak bisa di baca seperti itu begitu saja. track terakhir ini memang nomor indah yang panjang. nomor paling tenang dan damai di banding yang lainnya. kontradiksi dengan pembuka. isinya pun bisa di baca sama : kontradiksi dengan track pertama. jika track pertama menyatakan keberhasilam mereka keluar dari orbit. tapi di track terakhir ini adalah pernyataan keputusasaan mereka, menyadari bahwa setelah berhasil keluar dari orbit mereka justru masuk ke orbit yang lain. merasuki sebuah siklus baru. lingkaran baru. seperti angka 8. dua buah orbit, keluar dari satu orbit bukan berarti kebebasan. tapi hanya memulai suatu siklus baru. yang mungkin tak akan pernah berakhir. seperti makna lain angka 8, yaitu “infinity”.

Like I’m falling out of bed from a long and weary dream
Finally I’m free of all the weight I’ve been carrying
When I ask you again
Wake me up, wake me up
If you think this is over
Then you’re wrong

tak bisa terburu buru dalam memaknai karya radiohead, bahkan bagi saya butuh waktu beberapa tahun. dan album ke 8 ini sepintas telah melampaui batas kid A dan amnesiac. semakin jauh masuk kedalam dunia yang mereka bangun dan mereka rajai. tapi kadang rindu juga dengan riff riff gitar beraroma Art work di the Bends dan OK komputer. naturalisasi sound di in rainbows ternyata tak berpengaruh apa apa di album ke delapan ini. trilogy Ok komputer – Amnesiac lah yang mengawali perubahan perubahan yang sangat halus sebenarnya bagi mereka. tapi bagi saya itu seperti lompatan demi lompatan kreativitas yang sangat lebar bagi dunia music.

bersambung.

by : REEN

Advertisements

About Reksa Lumina

sceptical and calm. enjoy nature just as much as the animals and people who arte with it. i am intact with myself and have much pride.

Discussion

One thought on “Radiohead [King of limbs]

  1. sama..sy jg tak pernah bisa dan tak mau tergesa2 mereview album radiohead…tp yg jelas kesan pertama waktu dengerin adalah I love the king of limbs…

    Posted by brammykidz | 03/03/2011, 2:30 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

contributors

find me

Follow isGreenDiamond on Twitter

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: