///
you're reading...
Daily Thought, internet/socmed

Humaniora digital: 7 Proyek Digitalisasi Penting

From Darwin’s marginalia to Voltaire’s correspondence, or what Dalí’s controversial World’s Fair pavilion has to do with digital myopia.

Meskipun kemajuan teknologi kita di abad ini begitu luar biasa dan pertumbuhan budaya digital di dekade terakhir amat mencengangkan, sebagian besar warisan budaya manusia terkaya tetap terkubur tenang dalam arsip arsip analog. Menjembatani itu  adalah Digital Humaniora, sebuah proyek yang mencoba membawa bahan-bahan sejarah penting tersebut ke dunia maya dan menggunakan teknologi seperti scan inframerah, pemetaan geolocation, dan pengenalan karakter optik untuk memperkaya sumber daya tersebut dengan informasi terkait dan di tambah banyak penemuan penemuan mutakhir.  di sini adalah tujuh proyek digitalisasi fantastis dan interpretasi dari beberapa aset paling berharga dalam peradaban kita.

MAPPING THE REPUBLIC OF LETTERS

jauh sebelum era facebook atau twitter, adalah Republic of Letters — sebuah situs pintar yang menampilkan bagaimana para cendikiawan dan filsuf pencerah lintas batas dan bahasa. “berjejaring” saling menghubungkan ide ide dan pemikiran besar mereka lewat surat menyurat. seperti VoltaireLeibnizRousseauLinnaeusFranklinNewtonDiderot dan banyak lagi para pakar yang sekaligus  mesin dari pergerakan budaya global bisa kita temui di sini. Mapping the Republic of Letters, pertama di akses publik pada tahun lalu. ini merupakan proyek menakjubkan para akedemisi universitas stanford.

Proyek ini hasil dari pengolahan data dari database enlightment Elektronik, arsip berisi lebih dari 55.000 surat dan dokumen dari 6.400 koresponden, berikut peta geografis dan asal tujuan korespondensi – sesuatu yang mungkin bisa kita lakukan secara instant di abad ini. tapi sangat menakjubkan memetakan korespondensi melalui surat kurang lebih 300 tahun lalu.

LONDON LIVES

London Lives menampilkan catatan menarik dari pemerintahan, beserta catatan kriminal penting, data kemiskinan dan populasi dari salah satu kota besar dunia, london 1690-1800. data berasal dari 240000 catatan dari 8 tempat yang ke semuanya di digitalkan.  Proyek nirlaba, didanai oleh Dewan Penelitian Ekonomi dan Sosial dan dileksekusi oleh Humaniora Research Institute di University of Sheffield dan Dinas Pendidikan Tinggi digitalisasi di University of Hertfordshire, menyediakan akses ke catatan sejarah yang mengandung lebih dari 3.350.000 nama, memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan individu bahkan mengambil seluruh biografi orang terbaik – yang pernah didokumentasikan.

BIBLION

dari New York Public Library ,menghadirkan Biblion — adalah ambisius proyek dari ipad yang ingin menghadirkan koleksi arsiv hiburan new yorke dalam ujung jari jari anda.  Meskipun aplikasi ini gratis, dokumen, gambar, film, audio, dan teks membuat applikasi ini tak ternilai harganya.

CHARLES DARWIN’S LIBRARY

Charles Darwin ilmuwan jenius paling populer yang pernah hidup — begitu banyak ide briliannya sehingga satu ruang perpustakaan pun tak akan mampu menampung semuanya — and now, thanks to The Biodiversity Heritage Library, sehingga kita bisa mengakses arsip keanekaragaman hayati hingga teori teori marjinal darwin dengan mudah.

Perpustakaan Charles Darwin adalah rekonstruksi digital dari buku Darwin, lengkap dengan transkripsi penuh penjelasan dan akan di Rilisawal tahun ini,dengan fitur 330 dari 1480 judul, dengan fokus pada buku yang paling sulit dijelaskan.

SALEM WITCH TRIALS PROJECT

Meskipun jelas tidak menarik dan terkesan compact,, the Salem Witch Trials Documentary Archive and Transcription Project . menawarkan arsip online kaya  yang berkaitan dengan pengadilan penyihir Salem dari 1692 – Pengadilan catatan, buku,tokoh, dan gambar dari dokumen pengadilan asli, diindeks dengan sangat rapi.

THE NEWTON PROJECT

Thanks to The Newton Project, 4.2 million published and unpublished words by Isaac Newton are now online.

Dari Newton sebagai seorang sejarawan dengan karakter dan kebiasaan pribadi, database meliputi bahan yang beragam termasuk resep air gusi Newton dan daftar yang berisi 47 dosa yang dia ingat pernah dilakukan di masa hidupnya.

QUIJOTE INTERACTIVO

Dari Perpustakaan Nasional Spanyol  Quijote Interactivo, sebuah proyek menarik- sebuah digitalisasi interaktif mengesankan edisi asli 1605-1615 kultus baru Miguel de Cervantes, Don Kisot. Meskipun situs tersebut seluruhnya dalam bahasa Spanyol, antarmuka yang ramping, galeri multimedia yang kaya dan desain suara membuat sangat menyenangkan mengeksplorasi warisan linguistik ini.

Advertisements

About Reksa Lumina

sceptical and calm. enjoy nature just as much as the animals and people who arte with it. i am intact with myself and have much pride.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

contributors

find me

Follow isGreenDiamond on Twitter

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: